Juni 28, 2009

TIPS MEMBANTU MELEWATI MASA REMAJAMU DENGAN BAIK

1. Berbagi rasa dengan orang tua atau orang yang dituakan di rumah
Yakinkanlah bahwa orangtuamu pasti memiliki niat baik jika satu saat menegurmu. Mungkin hanya cara penyampainya kurang sesuai dgn keinginanmu. Karena itu sampaikan perasaanmu kepada orangtuamu dengan baik-baik dan carilah titik temunya.

2. Carilah seorang sahabat
Sahabat adalah teman dalam suka dan duka, sahabat penting untuk memecahkan persoalan jika karena suatu hal tidak bisa didiskusikan dgn orang tuamu. Carilah sahabat yang sama-sama memiliki pandangan positif dalam hidup dan bukan justru akan menjerumuskanmu dlm hal-hal yg negative
3. Tingkatkan PD mu dan katakan tidak pada hal-hal yang buruk
Kamu harus memiliki kepercayaan diri dalam pergaulan dan jangan mudah terbawa arus apalagi untuk hal-hal yang negative. Percaya diri merupakan kunci kesuksesan dalam bergaul.

4. Bergaulah dalam kelompok atau bantulah kelompok dengan aktivitas positif
Dalam kelompok kamu bisa saling berdiskusi memecahkan masalah, kelompok merupakan tempat kamu belajar berorganisasi, belajar saling menghormati pendapat orang lain,belajar saling tenggang rasa, kesemuanya itu sangat bermanfaat bagi kehidupanmu dimasa datang.
5. Jauhilah kelompok dengan tujuan negative
Kamu harus menghindarkan diri dari keterlibatan dengan kelompok semacam itu. Sekali kamu terlibat maka sulit untuk melepaskan diri

6. Jagalah kesehatan fisikmu sedini mungkin dan secara terus menerus
Kesehatan sangat besar nilainya bagi kehidupan
Kita semua. Nilai kesehatan sering tidak terasa jika kita dalam keadaan sehat dan karenanya sering tidak diperhatikan secara serius. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal :
- Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang
- Berolahraga secara teratur
- Jauhilah berbagi tindakan yang justru merusak kesehatannmu seperti terlalu banyak begadang, mengkonsumsi narkotik,alcohol atau merokok
- Berpikirlah selalu secara positif terhadap semua hal . Pikiran positif juga ternyata banyak pengaruhnya terhadap kesehatan fisik.
- Upayakan memelihara kebersihan lingkungan atau paling tidak kebersihan dirimu sendiri.
Semua hal diatas merupakan tindakan pencegahan untuk kesehatan dan mudah dilakukan serta murah, yang penting adalah adanya tekad dalam dirimu untuk melakukan hal tersebut.
( SUMBER, MAJALAHINTERAKSI NO 3/thn IX/2007)

Tidak ada komentar: