Mei 29, 2009

kespro ; Mimpi Basah Sebagai Pertanda Akil Baliq Remaja laki-laki

Beberapa waktu yang lalu ketika saya berjalan-jalan di sebuah konter yang menjual CD, saya tertarik dengan sebuah CD film Remaja dengan judul mimpi basah, saya lansung tertarik karena ada hubungannya dengan kesehatan reproduksi dan saya menduga ini pendidikan tentang kespro bagi remaja yang dikemas dalam bentuk film, untuk memuaskan rasa penasaran saya membeli CD tersebut. Dalam film tersebut diceritakan tentang seorang anak yang belum mengalami mimpi basah dibandingkan dengan sahabat-sahabatnya yang lain sehingga dia merasa minder dan dengan bantuan sahabat-sahabatnya mereka mencoba segala cara agar temennya itu mimpi basah termasuk dengan mendatangi tempat penjaja seks.
Setelah melihat film ini saya jadi tergerak untuk menulis tentang mimpi basah agar bisa sedikit menambah wawasan para remaja menghadapi masa pubertas agar tidak salah mencari tahu dan informasi seperti yang diceritakan dalam film tersebut. Remaja perlu mendapatkan informasi yang benar dan biasanya informasi dari teman lebih sering dipercaya walaupun belum tentu benar, remaja umumnya malu untuk bertanya pada orang tua karena kadang orang tua masih menganggap tabu untuk membicarakan hal-hal yang berbau seksualitas.
Pada perempuan tanda akil balig ditandai dengan menstuasi pertama ( menarche) sedangkan pada laki-laki ditandai dengan mimpi basah, biasanya mimpi basah pertama kali terjadi pada remaja laki-laki usia 9-14 tahun. Mimpi basah merupakan pengeluaran cairan sperma yang tidak diperlukan secara alamiah karena ketika testis mulai bereproduksi maka setiap hari testis akan memproduksi sperma.
Air mani akan keluar dengan sendirinya pada saat tidur jika tidak dikeluarkan, tapi kalau tidak keluarpun akan terjadi penyerapan kembali sperma oleh tubuh makanya jangan takut terjadi penumpukan sperma di testis karena gak keluar, sehingga gak perlu dipaksa agar dikeluarkan dengan cara masturbasi
Remaja laki-laki tidak perlu malu dan takut ketika mengalami mimpi basah karena hal itu merupakan salah satu tanda akil baliq / pubertas dan pertanda organ reproduksinya sudah mulai berfungsi. Penyebab munculnya pubertas adalah hormon yang dipengaruhi oleh hipofisis (organ penting dalam otak yang berperan sebagai “ komputer” yaitu pusat dari seluruh system kelenjar penghasil hormon tubuh) sehingga mulai muncul tanda-tanda seks sekunder seperti tumbuhnya rambut sekitar kemaluan, kaki, tangan , dada,dan kumis, suara bertambah besar, badan lebih berotot pembesaran ukuran alat kelamin dan kalau terangsang akan mengeluarkan sperma, timbulnya bau badan karena kelenjar keringat lebih aktif serta mengalami mimpi basah.
Hormon pada laki-laki dihasilkan oleh testis yaitu hormon testosteron yang mempengaruhi alat-alat dan menyebabkan tubuh kita mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan ciri-ciri seksual sekunder dan laju pertumbuhan setiap orang tidak sama antara remaja satu dengan yang lain dimana dipengaruhi faktor gizi dan genetis jadi jangan merasa minder ketika pertumbuhan kita tidak sama dengan teman kita . Remaja perlu memahami bahwa setiap orang adalah unik, dan perbedaan-perbedaan tersebut selama tidak menyangkut kelainan fisik, adalah normal
(referensi ; modul kesehatan reproduksi remaja)

Tidak ada komentar: